Apa Itu Genset?

January 3, 2023 by Admin

Apa Itu Genset?


Adakah yang tahu arti dari Genset? Genset merupakan singkatan dari Generator Set. Genset itu sendiri merupakan sebuah mesin yang dapat memproduksi listrik dan dapat digunakan sebagai sumber tenaga cadangan. Singkatnya, genset bisa menjadi solusi jika terjadi pemadaman listrik/blackout. Generator set biasanya digunakan di rumah, kantor, bengkel, pabrik, lokasi konstruksi, dan lain-lain.


Dengan perkembangan zaman sekarang, semua perangkat sudah pasti menggunakan listrik, namun hal ini tidak diimbangi dengan kuantitas pembangunan pembangkit listrik baru dan kurangnya kesadaran masyarakat akan energi, terutama rendahnya tingkat penghematan energi. Tidak semua wilayah Indonesia dialiri listrik sama, jadi hidup hemat akan menjadi kehidupan yang lebih baik. 


1. Kegunaan Genset


Tujuan dari penggunaan Genset tidak hanya untuk fokus pada lampu dan cahaya, tetapi juga untuk fokus pada banyak hal yang membutuhkan energi, seperti bekerja di luar ruangan jauh dari listrik. Genset terkenal penggunaannya sebagai sumber listrik yang handal menggunakan bahan bakar bensin / solar.

 

Dengan dukungan genset, perusahaan besar dan kecil seperti supermarket, toko dan rumah sakit tidak akan terganggu saat listrik padam melainkan, anda dapat terus bekerja seperti biasa tanpa hambatan. Jadi genset merupakan alat penting yang dibutuhkan banyak orang dan juga dapat digunakan secara individu untuk berbagai aktivitas yang membutuhkan konsumsi daya.


2. Cara Kerja Genset


Generator Set terdiri atas Mesin Engine (Motor Penggerak/Propulsi) dan juga Generator / Alternator. seperti dijelaskan di atas. Mesin ini dapat menggunakan bahan bakar berupa solar (mesin diesel) atau bensin. Generator itu sendiri adalah kumparan tembaga yang terbuat dari gulungan statis atau stator dan juga dilengkapi dengan kumparan atau rotor yang berputar.


Menurut fisika, selama operasi, motor memutar rotor generator elektromagnetik, sehingga menciptakan medan magnet di belitan generator. Setelah itu, medan magnet ini berinteraksi dengan rotor, yang berputar untuk menghasilkan arus listrik sesuai dengan hukum Lorentz.

  


Oleh karena itu, pentingnya manfaat dari mesin genset ini menjadi salah satu alasan mengapa genset atau genset ini banyak dikenal di masyarakat. Jadi jika Anda memiliki bisnis yang membutuhkan mesin genset, jangan abaikan genset yang satu ini. Genset ini merupakan set engine yang dapat memudahkan bisnis Anda dan melindungi Anda dari keadaan yang tidak terduga.


Sumber dari : http://gudanggenset.com/berita-dan-artikel/apa-itu-genset/



Article You May Like


Products You May Like