Hal-Hal Yang Dapat Merusak Genset dan Cara Memperbaikinya

January 3, 2023 by Admin

Hal-Hal Yang Dapat Merusak Genset dan Cara Memperbaikinya

https://tsuzumi.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/1619802555014.png

Genset Mendadak Mati Saat Dinyalakan

Kerusakan pada Genset ini terjadi pada saat mesin dari genset tersebut bekerja dengan normal, tetapi selama operasi, mesin genset berhenti mendadak karena alasan yang tidak diketahui. Ini biasanya sering terjadi karena adanya air didalam tangki bahan bakar yang lama kelamaan merambat ke semua bagian pada mesin genset melalui saluran-saluran bahan bakar. Adapun penyebab lainnya yaitu lubang ventilasi genset yang tersumbat 

Cara mengatasi permasalahan ini adalah Kuras air dari tangki bahan bakar dan semua bagian saluran bahan bakar yang terhubung ke bagian mesin genset. Lalu jika masih tidak mau menyala, maka bersihkan lubang ventilasi dengan kain bersih sehingga mesin dapat bekerja lagi dengan baik. 

Genset Kehilangan Daya 

Hilangnya daya pada mesin di genset disebabkan oleh plunger pompa yang habis dan perlu diganti dengan yang baru. Hal lain yang dapat menyebabkan kerusakan ini juga dipicu oleh Pegas Katub atau bagian dari Katub Nozel yang rusak dan sangat kotor. Jika Pegas Katub patah atau rusak, yang perlu dilakukan hanyalah mengganti dengan yang baru. Jika Katub Nozel yang sangat kotor yang perlu dilakukan hanyalah dibersihkan agar dapat berfungsi kembali. Tetapi jika kondisinya rusak, maka bisa saja memperbaikinya sendiri sebelum memutuskan membeli yang baru untuk menggantinya.


Genset Tidak Dapat Menyala 

Hal Ini sering terjadi apabila aki baterai sudah melemah atau habis.. Jika Anda mengalami masalah ini, Anda dapat mengisi ulang baterai atau menggantinya dengan yang baru. Penyebab lainnya adalah kabel mesin yang kendor atau putus pada genset. Hal ini bisa terjadi karena adanya gigitan dari tikus atau kabel tertarik atau tergesek oleh benda atau permukaan yang kasar. Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti kabel atau memasangnya lebih kencang dari sebelumnya. 


Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Merawat Genset


1. Genset harus diletakkan di tempat yang kering


Sangat berbahaya untuk meletakkan genset di sembarang tempat. Apalagi bila terkena air, genset bisa rusak dan memicu kerusakan-kerusakan lainnya. 


2. Genset harus rutin dibersihkan


Kebersihan genset merupakan faktor utama awetnya genset tersebut. Bila tidak dibersihkan maka debu-debu, bulu, dan lain-lain dapat membuat mesih genset macet sehingga tidak dapat dipakai.


3. Rutin memeriksa bahan bakar Genset


Agar genset berfungsi dengan baik, pastikan bahan bakar terisi penuh atau terisi penuh. Menghidupkan genset sangat berbahaya jika tangki bahan bakar kering.


4. Rutin memanaskan Genset


Genset harus dipanaskan secara teratur, minimal seminggu sekali untuk menjaga kondisi yang baik. Nyalakan genset selama kurang lebih 5 menit agar sistem pelumasan oli bekerja dengan baik. Dengan melakukan hal ini, genset dapat menjadi lebih awet dan lebih siap jika akan digunakan.


5. Mengecek dan mengganti sparepart Genset


Sparepart genset tidak akan selamanya awet dan tidak perlu diganti. Ada saatnya dimana sparepart tersebut sudah tua dan harus diganti agar tidak mempengaruhi performa yang lain. 


 

 




Article You May Like


Products You May Like