Macam-Macam Genset Berdasarkan Bahan Bakar

January 3, 2023 by Admin

Macam-Macam Genset Berdasarkan Bahan Bakar

Perkembangan teknologi di zaman ini sudah semakin maju. Solusi dari terjadinya pemadaman listrik pada bangunan tertentu pun sudah bisa teratasi. Hal ini disebabkan oleh munculnya Genset (Generator Set) di era ini yang datang dalam berbagai macam. Setiap jenis dari genset pun memiliki fungsinya. Genset-genset ini kebanyakan dibedakan berdasarkan jenis bahan bakar yang digunakannya

 

Berikut macam-macam Genset :

 

Genset Bahan Bakar Gas

 

Genset jenis ini berbeda dengan genset pada umumnya dimana genset ini menggunakan Gas sebagai bahan bakarnya. Gas yang biasanya digunakan yaitu LPG, gas yang selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk memasak ini ternyata bisa dimanfaatkan dalam penggunaan genset juga. Perlu diketahui bahwa harga dari genset ini memang cenderung lebih mahal dibanding yang lainnya. Akan tetapi, manfaat dari menggunakan genset ini juga sangat banyak, mulai dari genset rendahnya emisi yang dihasilkan dari bahan bakar ini dan juga kualitas baik serta biaya pengeluaran yang tidak berlebihan. Menggunakan Genset ini tidak hanya memberikan dampak baik terhadap lingkungan sekitar, tetapi juga membuat pengguna lebih irit dalam mengeluarkan biaya untuk bahan bakar genset ini.

 

Genset Bahan Bakar Bensin

 

Genset jenis ini menggunakan bensin sebagai bahan bakar utamanya. Genset ini cenderung lebih umum dan sering dipakai, sama seperti Genset berbahan bakar diesel. Yang menjadi sebuah perbedaan dari Genset ini dengan Genset diesel adalah Genset dengan bahan bakar bensin menghasilkan suara yang tidak bising dan memiliki horse power yang besar. Harga dari Genset ini juga tidak terlalu mahal tergantung dari besaran Watt yang dibeli.

 

Genset Bahan Bakar Diesel

 

Berbeda dari genset-genset sebelumnya, genset ini menggunakan bahan bakar solar. Genset ini berlawanan dengan Genset berbahan bakar bensin dimana Genset berbahan bakar diesel ini menghasilkan suara yang sangat bising karena mekanisme kompresinya tinggi sehingga penggunaan Genset ini lebih baik apabila terdapat ruang tersendiri agar tidak terlalu mengganggu. Genset ini juga memiliki kapasitas yang besar jika dibandingkan dengan Genset bahan bakar bensin. Akan tetapi, kisaran harga untuk Genset ini memang jauh lebih mahal.




Article You May Like


Products You May Like