Manfaat Light Tower untuk Proyek Pembangunan dan Pertambangan

March 7, 2023 by Admin

Manfaat Light Tower untuk Proyek Pembangunan dan Pertambangan

Pekerjaan konstruksi pembangunan dan pertambangan di Indonesia adalah industri yang berkembang secara dinamis. Bahkan, untuk sektor industri tambang tercatat bertumbuh 4% sepanjang tahun 2021 dan diperkirakan akan terus berkembang dengan stabil. Sementara itu, industri konstruksi juga berevolusi ke era digital dan masih menjadi sektor ekonomi yang penting untuk negara. Kedua bidang usaha ini bisa dikatakan menjadi lahan yang menjanjikan sampai saat ini.


Sebagai jenis usaha yang berkembang secara dinamis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama saat pengerjaan konstruksi bangunan dan pertambangan akan atau sedang dilakukan. Contohnya, inspeksi pada kualitas alat-alat yang digunakan, perlindungan terhadap para pekerja, dan yang menjadi salah satu hal yang penting adalah pencahayaan saat kedua proyek tersebut tengah berlangsung.

Pencahayaan pada proyek pembangunan dan pertambangan biasanya dibantu dengan menggunakan alat, yaitu light tower. Menara lampu atau yang biasa disebut dengan light tower merupakan alat yang terdiri dari alat penghasil daya berupa genset, lengkap dengan tangki bahan bakarnya yang kemudian dipadukan dengan menara hidrolik yang ketinggiannya bervariasi tergantung kebutuhan. Untuk penerangan dalam proyek besar, penggunaan bola lampu dengan kapasitas besar kadang tidak dapat memenuhi kebutuhan pencahayaan sehingga diperlukan light tower.


Kebanyakan proyek yang membutuhkan light tower adalah proyek pembangunan maupun proyek pertambangan yang beroperasi di wilayah terpencil sehingga light tower sangat dibutuhkan keberadaannya. Karena lokasi tambang yang jauh dari jangkauan listrik, mengharuskan pasokan listrik yang independen dengan kemampuan pencahayaan yang tinggi. Oleh karena itu, syarat utama dari light tower ini harus memiliki daya tahan terhadap segala cuaca dan mudah untuk dipindahkan sesuai lokasi di mana aktivitas pertambangan saat malam hari dilaksanakan.

Saat ini, kebanyakan aktivitas proyek, baik pembangunan maupun pertambangan, dilakukan di malam hari sehingga pencahayaan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan pelaku usaha konstruksi dan tambang. Apabila terjadi kurangnya pencahayaan di lokasi kerja pertambangan dan pembangunan, hal tersebut dapat menimbulkan dampak negatif.


Nah, untuk Anda, pelaku usaha dalam bidang proyek pembangunan maupun pertambangan, ada baiknya Anda tau dan memahami manfaat light tower.


1.  Mengurangi risiko kecelakaan para pekerja

Tempat pengerjaan proyek pembangunan maupun pertambangan akan kehilangan pencahayaan utamanya pada saat malam hari tiba. Bahkan, beberapa tempat juga berpotensi memiliki pencahayaan yang minim meskipun pengerjaan proyek dilakukan pada pagi hari maupun siang hari. Pencahayaan yang minim menambah risiko kecelakaan para pekerja karena lingkungan yang gelap menyulitkan para pekerja untuk melakukan pekerjaan dengan benar. Dan, apabila lampu sampai mati, yang tertinggal hanya gelap yang pekat.


2.  Mencegah pekerjaan terhenti

Jika tidak mendapatkan pencahayaan yang baik, tentu para pekerja tambang dan pembangunan tidak dapat bekerja secara maksimal. Hal itu bisa membahayakan keselamatan para pekerja jika diteruskan. Oleh karena itu, tanpa adanya pencahayaan cadangan yang memadai, proyek pembangunan ataupun pertambangan berpotensi terhenti bahkan bisa dalam jangka waktu yang panjang.

Untuk mencegah hal itu terjadi, perlu dipastikan pada saat pekerjaan tengah berlangsung bahwa pencahayaan pada lokasi tempat bekerja cukup sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan menggunakan light tower, kekurangan pencahayaan dapat diatasi dengan mudah. Light tower juga dapat menjadi sumber cahaya cadangan pada malam hari serta di tempat gelap.


3.  Membuat jarak pandang menjadi lebih luas

Dengan light tower yang memiliki ketinggian yang variatif dan pencahayaan yang bisa diatur, lokasi pengerjaan proyek pembangunan dan pertambangan pun tidak akan kekurangan cahaya lagi dan jarak pandang yang terlihat semakin luas dan merata. Hasilnya akan berpengaruh pada produktivitas para pekerja dan menambah kenyamanan secara visual selama bekerja meskipun pada malam hari.


4.  Portabilitas

Light tower dibuat untuk dapat membantu pengerjaan proyek pembangunan dan pertambangan menjadi lebih mudah. Di bagian bawah Light tower, terdapat roda yang membuat tower pencahayaan ini mudah untuk digerakkan, dipindahkan, ataupun diatur ke berbagai tempat dengan cepat sesuai kebutuhan.

Alat ini sangat sesuai dengan kebutuhan para pekerja di bidang pembangunan dan pertambangan yang memiliki jam kerja shifting. Jika Anda adalah pelaku usaha yang bergerak di bidang pembangunan dan pertambangan, unit ini menjadi salah satu alat yang paling Anda butuhkan. Untuk memudahkan pemakaian unit tersebut, Tsuzumi menyediakan light tower yang bisa Anda beli.

Berikut beberapa rekomendasi light tower yang cocok untuk proyek pembangunan dan pertambangan dari Tsuzumi.


a.  Genset Light Tower 9 Meter 440000 Lumens 4 x 1000 Watt LT 9H Tsuzumi

Harga genset light tower ini hanya 145 juta. Dengan harga tersebut, Anda sudah mendapatkan light tower dengan ketinggian hingga 9

meter. Beratnya pun masih terjangkau, yaitu 1165 kg. kapasitas bahan bakarnya 145-liter atau setara dengan pemakaian 70 jam.


bGenset light tower 7 meter 440000 Lumens 4x1000 Watt HPIT LT 7 Tsuzumi

Harga genset kedua ini lebih murah dibandingkan yang pertama. Harga yang ditawarkan hanya 84 juta. Tinggi tower ini hanya 7 meter,

lebih pendek dibandingkan tower yang pertama. Namun, berat tower nya hanya 350 kg. kapasitas bahan bakarnya 30 liter atau setara

dengan pemakaian 12 jam.


Kedua light tower yang ditawarkan Tsuzumi ini memiliki kebisingan suara 65db sehingga Anda dapat memilih light tower mana yang anda butuhkan. Apakah light tower dengan ketinggian sedang atau lebih tinggi sesuai bidang usaha Anda. Anda juga dapat memilih sesuai dengan budget anda sebagai pelaku usaha.



_Admin_


Article You May Like


Products You May Like