Pentingnya Genset untuk UMKM

March 7, 2023 by Admin

Pentingnya Genset untuk UMKM

Pasca pandemi covid-19, banyak orang yang tadinya dirumahkan mencari peruntungan lain untuk memenuhi kebutuhannya. Mereka yang mempunyai modal akan membuka usaha mikro, kecil, dan menengah, atau yang biasa kita sebut UMKM. Usaha mikro yang dimaksud bisa berupa penjual pinggir jalan, food truck, atau angkringan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak “berjualan di jalanan”. Salah satunya adalah ketersediaan listrik pada saat membuka usaha tersebut. Untuk memenuhi ketersediaan listrik, saran yang bisa diberikan adalah dengan menyiapkan genset. Genset sangat diperlukan untuk menyempurnakan usaha, baik saat listrik padam ataupun tidak.


Kenapa harus memiliki genset untuk UMKM

Mungkin banyak orang yang masih mempertanyakan hal tersebut. Tidak masalah jika masih ada yang bertanya karena belum tau manfaat besar mesin ini. Apalagi tidak semua orang memiliki benda ini di rumahnya.

Jika kita bedah bersama, generator set atau biasa kita sebut genset ini merupakan sebuah mesin yang memberikan cadangan listrik Ketika listrik padam. Yang artinya adalah ketika listrik mati dari PLN, bisa diganti menggunakan genset ini. Terutama untuk pemenuhan kebutuhan listrik bagi pelaku usaha, termasuk UMKM.


Fungsi utama dari genset ini adalah untuk menyediakan listrik cadangan Ketika listrik padam secara mendadak. Jadi, pelaku atau pemilik usaha tidak perlu menunggu PLN menghidupkan kembali listrik di rumah atau tempat usahanya. Bukan hanya UMKM saja yang perlu menggunakan genset ini, melainkan beberapa usaha besar, seperti di pabrik, juga perlu menyediakan genset ini untuk kelancaran usahanya.


Namun, seberapa penting sih penggunaan genset ini untuk aktivitas usaha kita? Mungkin akan sangat penting. Oleh karena itu, Anda perlu memahami beberapa alasan pentingnya genset untuk UMKM.


Menjaga Berjalannya Ekonomi Usaha

Anda adalah pelaku usaha UMKM yang mengandalkan listrik? Kalau listrik padam, apakah usaha Anda akan berjalan lancar? Sudah pasti tidak. Nah, dapat dipastikan kalau genset sangat dibutuhkan untuk menjaga berjalannya ekonomi usaha tanpa kerugian yang disebabkan listrik padam.


Ketika pasokan listrik merupakan hal terpenting dalam usaha kita maka energi listrik tersebut menjadi kunci utama. Namun, ketika listrik padam secara mendadak maka kegiatan produksi pun berhenti secara otomatis. Mesin-mesin yang digerakkan oleh komputer akan mati dan kita tidak bisa melakukan apapun sampai listrik kembali dinyalakan oleh PLN.


Jika terus seperti ini, akan ada banyak kerugian dalam jumlah besar, apalagi kalau pemadaman listrik tersebut dalam waktu lama. Menyediakan genset adalah salah satu usaha untuk menghindari masalah tersebut.


Selain itu, dengan adanya genset, produk-produk mentahan UMKM sebelum pada tahap jadi bisa tetap aman karena genset dapat menyuplai listrik yang berguna untuk menyimpan bahan-bahan mentah tetap terjaga, alias bisa tetap dalam lemari es meskipun listrik padam.


Saat ini, banyak UMKM mengandalkan sistem transaksi dengan virtual atau online sehingga sudah jelas, proses tersebut sangat membutuhkan daya listrik cadangan. Jadi, tanpa adanya genset maka transaksi online atau virtual dari UMKM tersebut akan terganggu.


Pasokan Listrik Tetap Terjaga


Bagi seorang pelaku usaha, memiliki rencana cadangan adalah sesuatu yang sangat penting. Bukan hanya untuk menghindari kerugian, melainkan demi menjaga keuntungan dan perekonomian tetap berjalan. Seperti contoh rencana cadangannya adalah menyediakan genset untuk kebutuhan darurat.


Meskipun pasokan listrik dari PLN sudah menyebar ke banyak daerah, hal tersebut bukan berarti tidak akan ada masalah mengenai kelistrikan. Terkadang ada gangguan jaringan kabel yang membuat aliran putus. ada juga yang perlu memakan waktu lama untuk memperbaikinya. Apalagi jika masalah besar dating. Oleh karena itu, bagi Anda pelaku usaha, baik UMKM atau lainnya, harus menyediakan rencana cadangan untuk menghadapi situasi seperti itu.


Dengan Genset Bisa Jadi Lebih Hemat


Pada dasarnya, pelaku usaha yang memiliki genset mampu menghemat biaya pengeluaran. Ongkos produksi akan lebih besar ketika menggunakan listrik PLN secara terus-menerus. Dengan memberikan bahan bakar secukupnya maka mesin genset ini bisa dipakai untuk kegiatan usaha dalam jangka waktu tertentu.


Karena tidak semua orang memiliki genset, adalah hal wajar jika banyak orang tidak mengerti seberapa besar manfaatnya. Jika kamu adalah pelaku usaha yang ingin membeli genset murah. Berikut adalah rekomendasi genset murah dan tidak berisik dari Tsuzumi.


1. Genset Silent Inverter Gasoline 5 KVA (4 KW) TIG 5000iSE+ Remote Tsuzumi

Genset ini cocok untuk pelaku UMKM. Dengan harga yang terjangkau, genset inverter ini memiliki tangki besar cukup untuk 10L bahan bakar yang bisa dipakai 8-10 jam, aman untuk kelistrikan. Rated power genset 5 kva (4000 watt). Dengan dimensi yang tidak terlalu besar, portable, bentuk seperti koper sehingga memudahkan mobilitas mesin genset ini tidak akan memakan tempat dan juga super silent, tidak berisik saat dipakai sehingga tidak mengganggu sekitar. Saat mesin dinyalakan, pelaku usaha maupun para pekerja tidak akan terganggu dengan suaranya.


2. Genset Generator Gasoline 5500 watt TG 5500SSI Tsuzumi

Sama dengan genset sebelumnya, genset ini masih dapat dikategorikan genset murah. Harganya berkisar 8,8 juta, dengan kapasitas tangki bahan bakar yang cukup besar yaitu 16L. Dengan kapasitas tangki yang cukup besar, genset ini dapat digunakan hingga 16 jam. Genset Generator Gasoline 5500 watt TG 5500SSI Tsuzumi menggunakan teknologi inverter dengan listrik stabil yang aman untuk barang-barang elektronik. Genset ini juga merupakan genset yang tidak terlalu berisik, semi silent sehingga tidak mengganggu aktivitas. Untuk merawat genset ini agar selalu dalam kondisi prima, batasi penggunaan maksimal 8 jam per hari.


Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa genset sangat mempengaruhi kinerja pelaku usaha. Baik dalam kegiatan produksi UMKM, transaksi online maupun virtual, oleh siapapun dan kapanpun. Jadi, jika ada pemadaman listrik terjadi secara mendadak, kalian sudah tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada rencana cadangan, yaitu dengan menggunakan genset.






Article You May Like


Products You May Like