5 Cara Memilih Genset Silent yang Tepat

May 3, 2023 by Admin

5 Cara Memilih Genset Silent yang Tepat

Genset Silent, atau Generator Set Silent Type, adalah sumber tenaga listrik alternatif yang digunakan sebagai sumber energi cadangan penghasil listrik yang dilengkapi dengan kanopi, sebuah kotak baja yang difungsikan untuk meredam suara sehingga mampu mengurangi risiko polusi suara. Oleh sebab itu genset silent memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dari tipe genset open.

Genset bisa menjadi sumber daya listrik darurat yang bisa digunakan untuk menjaga supaya peralatan-peralatan yang memerlukan tenaga listrik bisa tetap menyala meskipun dalam keadaan pemadaman listrik. Sebelum membeli sebuah genset, kita harus memperhatikan beberapa hal dan alasan tentang mengapa kita membeli genset agar nantinya genset tersebut dapat digunakan sesuai kebutuhan kita. Sebelum membeli genset untuk kebutuhan anda, cermati 5 cara berikut ini.


Ketahuilah Daya yang dibutuhkan Sesuai Kebutuhan

 

Ketahui berapa jumlah watt output daya dari generator yang akan anda beli, setelah itu cek peralatan apa saja yang ingin anda nyalakan menggunakan genset. Lalu, hitung jumlah total watt keseluruhan yang anda butuhkan. Setelah menghitung jumlah total daya, usahakan pilih genset dengan daya yang melebihi jumlah total yang anda butuhkan, hal ini untuk berjaga-jaga jika nanti anda melakukan pemasangan alat lain sewaktu-waktu.

 


Pahami Fitur-Fitur pada Genset

 

Perhatikan dan pahami fitur-fitur yang ditawarkan pada genset tersebut terlebih dahulu saat anda akan membelinya. Pada genset silent, terdapat beberapa fitur yang yang tersedia pada mesin. Seperti fitur peredam suara dari kanopinya yang juga berguna untuk melindungi genset dari pengaruh cuaca. Fitur bawaan genset ini juga dapat memungkinkan genset untuk ditaruh mana saja.

Adapun fitur-fitur lainnya yang disediakan antara lain AVR (Automatic Voltage Regulator) yang berguna untuk menjaga stabilitas tegangan listrik keluar yang dihasilkan oleh genset, yang kedua ada Control Panel genset, perangkat ini difungsikan untuk menunjukkan pengukuran parameter pada tegangan, arus dan frekuensi melalui alat pengukur. Berikutnya ada fitur Emergency Stop, fitur ini menyediakan sebuah tombol sangat berguna pada situasi-situasi darurat saja. Fitur ini digunakan ketika genset mengalami kesalahan yang tidak diketahui atau error, penggunaan fitur ini adalah untuk memutus aliran listrik pada sistem kontrol dan mesin akan berhenti apabila tombol ini ditekan.

Adapun fitur panel AMF (Automatic Main Failure) dan ATS (Automatic Transfer Switch). Apa itu fitur AMF? AMF merupakan sebuah panel listrik yang difungsikan untuk mengontrol system on dan off pada pada mesin genset secara otomatis, sedangkan ATS adalah fitur opsional yang digunakan untuk memindahkan sumber listrik secara otomatis. Dengan fitur diatas, ATS akan sangat berguna pada bangunan tingkat tinggi yang pastinya dapat meringankan pekerjaan teknisi.

Demikian fitur-fitur penting yang perlu diperhatikan sebelum anda membeli sebuah genset. Pertimbangkan semua fitur-fitur tersebut beserta harga yang ditawarkan, apakah harganya worth it untuk dibeli atau tidak.

 


Pilihlah Jenis Genset yang Sesuai dengan Kebutuhan

 

Seiring berkembangnya zaman, banyak inovasi-inovasi baru yang bermunculan terkait teknologi genset ini yang dirancang untuk membantu kebutuhan listrik anda. Ada beberapa jenis genset seperti genset tipe portable, home standby generator yang perlu pemasangan permanen. Adapula genset gas, genset diesel, genset bensin, serta genset silent tentunya.

Secara keseluruhan, genset portable dan genset silent lebih banyak diminati. Genset portable lebih banyak diminati karena harganya yang relatif murah, sedangkan genset silent juga banyak dipilih karena suara genset ini cenderung tenang karena dilengkapi dengan peredam suara, oleh sebab itu genset ini tidak mengganggu lingkungan sekitar.

 

Pertimbangkan soal Bahan Bakar

 

Seperti yang dibahas pada topik sebelumnya, ada beberapa jenis genset yang sudah tercipta di dunia ini yang dirancang untuk memaksimalkan kinerja genset tersebut. Dengan begitu, beberapa jenis genset juga memiliki bahan bakar yang berbeda-beda untuk dapat mengoperasikannya.

Seperti genset silent yang dapat menggunakan solar sebagai bahan bakarnya, tipe gas yang menggunakan bahan bakar gas untuk dapat menjalankannya, juga ada genset silent diesel yang memerlukan bahan bakar diesel, genset bensin dengan memakai bensin dan ada beberapa jenis genset lainnya yang menggunakan bahan bakar sesuai kebutuhannya masing-masing. Usahakan pilihlah genset dengan bahan bakar yang bisa dengan mudah anda dapatkan dan ramah di kantong.

 


Pertimbangkan Cara pengoperasian Genset


Lanjut pada topik berikutnya, setelah kita mengetahui jenis-jenis genset serta bahan bakarnya, tentu saja langkah berikutnya adalah tentang cara pengoperasiannya. Seperti yang kita ketahui, saat ini ada banyak sekali jenis genset yang bisa kita temukan di pasaran.

Penting bagi anda untuk memahami pengoperasian pada sebuah genset, terutama genset silent. Karena teknologi yang dirancang pada suatu genset dapat mempengaruhi kinerja genset itu sendiri. Hal ini dapat memudahkan anda dalam beberapa hal, seperti mudah mengoperasikan hingga perawatan genset. Perhatikan beberapa hal terkait menjaga keawetan mesin genset agar komponen genset tidak mudah rusak. Tempatkan genset di tempat yang tidak terkena air dan jauhkanlah dari jangkauan anak-anak agar aman.


Demikian adalah informasi mengenai cara memilih genset silent yang tepat untuk membantu Anda mengetahui beberapa hal tentang genset dan apa yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli genset silent. Usahakan memilih penjual atau penyedia genset yang terpercaya, hal ini memastikan agar anda mendapatkan genset dengan kualitas terbaik.



Article You May Like


Products You May Like