Rekomendasi Genset untuk Mobil Listrik

March 7, 2023 by Admin

Rekomendasi Genset untuk Mobil Listrik

Saat ini, pemerintah sedang menggencarkan pengurangan penggunaan bahan bakar minyak dan beralih ke penggunaan listrik, yang di mana pemakaian listrik pun juga harus sesuai dengan kebutuhan saja. Presiden Joko Widodo juga terus mendorong percepatan penggunaan mobil listrik di tanah air. Penggunaan mobil listrik diharapkan menjadi salah satu solusi atas isu pencemaran lingkungan yang disebabkan emisi karbon kendaraan yang mencemari udara, khususnya di kota-kota besar di Indonesia.


Apa itu mobil listrik?

Mobil listrik adalah kendaraan yang sepenuhnya atau sebagiannya digerakkan dengan motor listrik. Mobil ini digerakkan oleh energi listrik yang disimpan di dalam baterai atau tempat penyimpanan energi lainnya. Baterainya pun dapat diisi ulang layaknya handphone atau benda lain yang menggunakan baterai. Pada akhir abad ke-19, mobil listrik sangat populer. Namun, popularitas mobil listrik ini lambat laun meredup. Salah satu penyebabnya adalah harga kendaraan yang berbahan bakar bensin semakin murah.


Belakangan ini, perkembangan teknologi sistem penyimpanan energi khususnya baterai, membuat penggunaan kendaraan listrik menjadi popular kembali. Pada tahun 2022, banyak kendaraan listrik yang dijual di Indonesia. Peminat mobil listrik ini pun bertambah banyak. Kementerian Perindustrian mengungkapkan populasi kendaraan listrik di Indonesia saat ini, per September 2022, sudah lebih dari 25 ribu unit. Dari informasi tersebut, bisa dipastikan bahwa banyak orang yang sudah memakai mobil listrik untuk kegiatannya sehari-hari.


Nah, untuk kamu yang tertarik membeli mobil listrik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal pertama adalah kapasitas baterai. Kenapa kapasitas baterai? Karena semakin besar kapasitas baterai mobil listrik, semakin jauh juga jarak tempuhnya, dan harganya pun akan menjadi lebih mahal. Hal yang paling penting adalah bagaimana cara mengisi ulang atau mencharge mobil listrik tersebut. Di manakah kalian akan mengisi ulang listrik mobil tersebut? Apakah di rumah atau di tempat pengisian listrik?


Jika di rumah, kalian harus tau daya listrik di rumah Anda seberapa kuat untuk mengisi ulang baterai mobil listrik. Jika tidak memungkinkan untuk melakukan pengisian di rumah, Anda perlu tau di mana letak stasiun pengisian listrik terdekat dari wilayah Anda. Data menyebutkan pada tahun 2020, baru ada sekitar 101 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. SPKLU atau SPLU tersebut tersebar di berbagai SPBU, SPBG, perkantoran, perhotelan, pusat perbelanjaan, area parker, maupun rest area di sepanjang jalur tol. Itu artinya belum banyak tersebar SPKLU atau SPLU di Indonesia.


Jika ingin melakukan perjalanan yang jauh, ada baiknya Anda harus memikirkan apakah jalur yang dilewati memiliki stasiun pengisian listrik atau tidak. Jika ada, Anda bisa melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman. Namun, jika tidak, Anda harus memiliki cadangan rencana kalau tetap mau menggunakan mobil listrik dalam perjalanan jauh.


Salah satu cadangan rencananya adalah dengan memiliki genset. Genset atau generator set bukan hanya digunakan untuk keperluan kantor ataupun rumah saja. Saat ini, sudah ada genset yang bisa dibawa ke mana saja sebagai alat penyimpanan cadangan listrik, termasuk cadangan listrik untuk mobil listrik.

Berikut rekomendasi genset untuk mobil listrik dari Tsuzumi.


Genset Silent Inverter Gasoline 10 KVA (8 KW) TIG 10000iSE Tsuzumi

Genset yang pertama adalah dengan performa maksimal dan cocok untuk me-recharge mobil listrik. Genset Silent Inverter dari Tsuzumi ini berbahan bakar bensin, dengan harga yang cukup ramah di kantong. Harganya hanya 25 jutaan. Gensetnya pun adalah genset silent alias genset yang tidak berisik. Genset ini memiliki dimensi yang tidak terlalu besar sehingga bisa ditaruh di dalam mobil. Kapasitas bahan bakar mumpuni, bisa mencapai 28 Liter dan berat genset ini adalah 115 KG. Kekuatan maksimalnya adalah 10/8 KVA/KW. Dengan harga yang relatif terjangkau, Anda bisa berkendara ke mana pun tanpa khawatir akan kehabisan listrik untuk mobil listrik Anda. Dan, Anda juga tidak perlu mencari di mana stasiun pengisian listrik terdekat karena sudah menyiapkan genset. Dimensi genset ini juga tidak terlalu besar, yaitu 90 x 75 x 70 cm. Lalu, yang paling unggul adalah level kebisingannya hanya 63db/7m.


Genset Silent Inverter Gasoline 5 KVA (4 KW) TIG 5000iSE+ Remote Tsuzumi

Tidak jauh berbeda dengan genset yang telah dijelaskan sebelumnya, genset ini juga dapat berfungsi dengan baik untuk me-recharge mobil listrik, tapi dengan harga yang lebih murah, yaitu hanya 11 jutaan. Dengan harga yang cukup murah, Anda sudah bisa mendapatkan genset yang tidak berisik alias genset silent. Selain itu, genset silent ini pun sudah inverter, yang artinya sudah menggunakan mesin dengan teknologi terbaru yang menghasilkan listrik paling baik untuk kenyamanan serta kemudahan para pemiliknya. Genset ini memiliki kekuatan maksimal 5 KVA atau setara dengan 4 KW. Kapasitas bahan bakarnya juga cukup besar, yaitu 10 Liter. Genset ini memiliki dimensi yang cukup compact, yaitu 605 x 432 x 493 mm.


Rekomendasi genset silent inverter di atas adalah dari Tsuzumi. Genset silent inverter dapat mengurangi polusi suara di jalanan saat Anda harus mengisi ulang mobil listrik Anda. Jika Anda telah memiliki mobil listrik, ada baiknya Anda memikirkan untuk memiliki genset juga. Rekomendasi genset silent inverter dari Tsuzumi merupakan rekomendasi genset murah dengan kualitas terbaik bagi mobil listrik Anda.






Article You May Like


Products You May Like